Categories: TipsTutorialWindows

Cara Membuat Bootable USB UEFI Windows 10

Jika bootable USB flash disk lama Anda tidak lagi bisa Anda gunakan pada laptop keluaran terbaru, maka Anda harus mencoba cara membuat bootable USB UEFI Windows 10 berikut ini, agar Anda bisa menginstal Windows sendiri seperti sebelumnya.

Selama ini, setiap kali OS Windows pada PC /laptop saya mengalami masalah, tanpa berfikir panjang biasanya saya selalu melakukan install ulang, agar laptop menjadi fresh kembali.

Install ulang Windows hampir selalu saya lakukan menggunakan USB Flash Disk, baik pada PC Desktop maupun Laptop. Dengan menggunakan flash disk pekerjaan yang saya lakukan menjadi lebih praktis, karena semua software pendukung Windows, seperti Office, PDF reader, driver, dan lain lainnya telah saya simpan pada flash disk bootable tersebut.

Namun, beberapa bulan yang lalu, bootable USB flash disk yang selama ini saya gunakan tidak lagi dapat melakukan tugasnya, alias gagal melakukan booting dari flash disk pada laptop baru saya.

Awalnya, saya pikir flask disk tersebut rusak atau corrupt. Tapi setelah saya coba menggunakan beberapa flash disk bootable yang lain, hasilnya tetap sama, tidak dapat boot dari USB. Laptop tidak dapat mendeteksi keberadaan USB bootable yang saya miliki.

Cara Membuat Bootable USB UEFI Windows 10

Setelah mencari informasi di Google, akhirnya saya ketahui bahwa laptop baru saya tersebut tidak lagi menggunakan BIOS, namun telah menggunakan UEFI sebagai firmware interface nya.

Akhirnya saya temukan solusi, agar saya tetap bisa install Windows 10 melalui USB flash disk pada firmware UEFI. Yaitu, dengan menggunakan bantuan software gratis yang bernama Rufus.

Related Post

Baiklah, langsung saja kita lanjutkan bagaimana cara membuat bootable USB UEFI Windows 10 yang dapat digunakan untuk partisi GPT pada komputer masa kini.

Sebelum memulai, pastikan bahwa Anda telah memiliki file ISO Windows 10 pada komputer Anda.

Cara Membuat Bootable USB UEFI Windows 10

Download Rufus dari rufus.ie
  • Masukkan USB Flash Disk Anda, sebaiknya gunakan flash disk dengan kapasitas 8 GB atau lebih
  • Jalankan Rufus portable yang telah Anda download sebelumnya, lalu..
Jalankan Rufus
  • Pada Device pilih USB flash disk Anda. Pada contoh ini, saya menggunakan flash disk dengan kapasitas 16GB
  • Pilih Windows 10 ISO yang Anda miliki, dengan cara klik tombol Select. Dalam contoh ini, saya menggunakan Windows 10 v1909 x64 bit.
  • Pada Image Option, pilih Standard Windows Installation
  • Pada Partition scheme, pilih GPT
  • Pada Target system pilih UEFI
  • Pada File system, pilih NTFS
  • Akhiri dengan menekan tombol Start
Klik Start
  • Sebelum proses dilanjutkan, Anda akan mendapatkan peringatan bahwa seluruh data pada flash disk Anda akan dihancurkan. Jika Anda setuju, maka klik OK
Warning Data destroyed
  • Tunggu hingga proses pembuatan bootable USB UEFI Windows 10 selesai.
Tunggu hingga proses selesai
  • Jika proses pembuatan Bootable USB UEFI Windows 10 selesai, maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini:
Pembuatan Bootable USB UEFI selesai

Itulah tadi tips sederhana cara membuat Bootable USB UEFI Windows 10 yang dapat Anda lakukan dengan cepat dan mudah.

Baca juga:

Tips Sederhana Meningkatkan Kecepatan Windows 10

Cara Mengaktifkan Windows Photo Viewer di Windows 10