5 Tips Mengerjakan Soal TOEFL Reading dengan Mudah

Tips Mengerjakan Soal TOEFL – Soal reading pada jenis tes TOEFL apapun pasti akan muncul. Pertanyaannya, sudahkah kamu siap untuk mengerjakan?

Reading test pada TOEFL sering menjadi hambatan terbesar untuk mendapatkan skor tinggi dibandingkan dengan sesi tes lainnya. Karena waktu yang diberikan sedikit dan kamu harus membaca 4 hingga 6 jenis bacaan.

Kurangnya waktu membaca sehingga tidak cepat mencari jawaban dalam bacaan menjadi alasannya. Padahal kamu sudah mempersiapkan dalam waktu beberapa bulan sebelumnya menghadapi tes di Westwood Prep.

Image by westwoodprep.com

Akan tetapi karena tidak memperdalam materi reading hasilnya skor justru jatuh pada sesi ini. Nah untuk itu, seharusnya mulai sekarang perdalamlah kemampuan reading dari sekarang.

Tips Menjawab Soal Reading pada Tes TOEFL

Sudah belajar membaca berbagai macam topik bahan bacaan, tapi setelah mengerjakan latihan tes reading kamu masih saja belum mendapatkan target skor yang diinginkan. Bisa saja cara belajarmu selama ini salah, jadi ketika mengerjakan tes hasilnya tidak maksimal.

Contohnya saja, kamu membaca novel romantis, di sana memang banyak vocabulary baru. Tapi apakah materi vocabulary yang muncul sama seperti dalam reading tes TOEFL? Tentu saja tidak.

Soal bacaan dalam TOEFL mengarah pada materi-materi yang bersifat akademis. Oleh karena itu kamu justru sebaiknya membaca buku pelajaran atau berita yang bobotnya sama dengan soal tes. Artinya kamu harus tahu terlebih dahulu tipe soal seperti apa yang biasanya keluar, sehingga lebih mudah menentukan materi belajar. Demi meningkatkan kemampuanmu dalam mengerjakan, ikuti beberapa tipsnya berikut ini:

  1. Bacalah setiap jawaban yang ada

Mungkin terdengar klise, tetapi tips ini justru sangat membantu para peserta untuk menjawab dengan benar karena lebih teliti dalam mengerjakan. Pada saat tes berlangsung pasti akan lebih mudah untuk memilih jawaban yang terlihat baik.

Kemudian kamu akan menjawab pertanyaan dengan cara yang sama. Namun, ETS justru akan membuat jawaban yang tampaknya terlihat benar semua. Sehingga membaca semua pilihan jawaban adalah cara tepat untuk bisa menyeleksi mana jawaban yang benar.

Related Post
  1. Cari petunjuk dalam bacaan

Jangan pernah ragu untuk kembali dalam bacaan karena disanalah petunjuk untuk menjawab berada. Membaca ulang bukan berarti harus membaca dari awal. Cukup skimming teks bacaan dan segera temukan petunjuknya. Kamu bisa menerapkan cara ini ketika menemukan soal yang tidak yakin dengan jawaban tepatnya. Tidak perlu waktu lama untuk mencarinya apabila kamu sudah menguasai teknik skimming.

  1. Jangan terjebak dalam satu soal

Pada sesi reading tes begitu mudah untuk peserta mengalami jebakan atau berhenti mengerjakan di satu soal saja. Jika merasa sulit teruslah mencari petunjuk di dalam bacaan yang terlewatkan. Jika kamu mencarinya terlalu lama maka kamu akan terjebak dalam satu soal selama beberapa menit.

Akhirnya soal lain tidak dikerjakan dan kamu hanya mendapatkan skor rendah dalam sesi ini. Jadi sebaiknya hindari dengan cara terus melihat jam dan pastikan kamu menyelesaikan dalam satu menit. Apabila tidak menemukan jawabannya, pilih jawaban yang dianggap benar dan lanjut ke soal selanjutnya.

  1. Manfaatkan petunjuk dalam bentuk konteks

Walaupun kamu telah menghabiskan waktu untuk memperluas vocabulary dan mengingat semuanya pasti ada satu jenis kata yang tidak dikenal. Ketika hal ini terjadi maka sebaiknya carilah arti kata sebagai petunjuk dalam bentuk konteks bukan kata.

Bacalah kalimat atau paragraf secara keseluruhan. Setiap kosakata yang digunakan dalam satu kalimat akan membentuk sebuah konteks yang pasti akan kamu ketahui artinya. Artikanlah kata sejenis dan terjemahkan maksudnya.

  1. Susun strategi di awal

Bagaimana cara kamu akan menjawab pertanyaan? Setiap orang memiliki jawaban yang berbeda-beda. Ada yang membaca pertanyaan terlebih dahulu baru membaca teks. Namun ada juga yang melakukan sebaliknya.

Bagi sebagian besar orang strategi paling baik adalah langsung membaca teks karena membaca soal akan menghabiskan lebih banyak waktu. Temukanlah cara yang terbaik dan paling cepat bagimu untuk mengerjakan soal.

Semua lima tips ini tak hanya dilakukan pada saat hari tes berlangsung. Latihan adalah kunci keberhasilan meningkatkan skor dalam sesi reading. Maka akan lebih baik jika kamu rajin berlatih mengerjakan soal reading dalam buku-buku latihan tes TOEFL.