Categories: PendidikanPlacement

5 Syarat Kuliah di Jerman yang Wajib Dipenuhi Calon Mahasiswa

Syarat Kuliah di Jerman – Impian untuk kuliah di Jerman bisa terwujud jika kamu sudah melengkapi semua syarat pendaftaran dan mengikuti tes masuk. Kamu mungkin sudah mempersiapkan diri sejak enam bulan hingga satu tahun sebelumnya di tempat kursus Bahasa Jerman di Virtu Education

Mulai dari belajar bahasa Jerman hingga memilih jurusan dari universitas favorit. Namun semuanya bisa gagal jika salah satu syarat dokumen pendaftaran ternyata tertinggal.

Jangan sampai ada salah satu syarat untuk bisa kuliah di Jerman tidak dipenuhi. Bisa-bisa kamu tidak akan mendapat kesempatan untuk bisa ikut ujian masuk universitas. Oleh karena itu bukan hanya mempersiapkan mental saja, tetapi semua syarat administrasi harus diperhatikan. Apa saja syaratnya? Yuk simak kelima syarat berikut ini.

Image by pixabay.com

5 Syarat Kuliah di Jerman

  1. Formulir pendaftaran

Setiap universitas memiliki formulir pendaftaran yang berbeda-beda. Kamu tidak perlu langsung pergi ke Jerman untuk mendapatkannya. Kini masing-masing universitas memiliki portal web yang bisa diakses dimana saja untuk mengunduh formulir ini.

Semua formulir harus diisi dalam bahasa Jerman sesuai dengan data diri kamu. Jangan lupa kirimkan kembali formulir pendaftaran ini melalui email beserta dokumen pendukung lainnya yang juga dibutuhkan.

  1. Ijazah dan Transkrip Nilai

Dua dokumen ini sangat wajib dicantumkan tetapi sebelumnya harus diterjemahkan terlebih dahulu. Penerjemahan ini tidak bisa dilakukan sembarangan, kamu harus menemukan lembaga resmi yang ditunjuk untuk menerjemahkan.

Jika tidak sesuai dengan lembaga yang ditunjuk bisa jadi ijazah kamu tidak diterima dalam seleksi administrasi. Jadi sia-sia saja walaupun kamu sudah memiliki nilai yang baik karena kesalahan kecil ini.

Related Post
  1. Sertifikat bahasa Jerman

Kamu sudah mempelajari bahasa Jerman selama enam bulan, maka untuk membuktikan kemampuan ikuti tes bahasa Jerman. Beberapa universitas memiliki standar yang berbeda-beda. Ada yang mewajibkan untuk memiliki kemampuan bahasa level B1 atau B2 namun ada juga yang membutuhkan kompetensi tinggi seperti C1 atau C2.

Setiap level harus ada sertifikat yang membuktikan dari Goethe Institut. Jadi jangan sampai lupa menyertakannya juga bersama formulir pendaftaran.

  1. Surat motivasi

Beberapa universitas mewajibkan surat motivasi juga disertakan. Surat ini harus ditulis dengan tangan dalam bahasa Jerman. Surat ini tidak jauh berbeda seperti yang digunakan untuk melamar beasiswa.

Kamu perlu menuliskan dengan singkat dan jelas alasan memilih universitas tersebut untuk melanjutkan studi. Selain itu juga alasan mengapa memilih jurusan dan apa rencana kedepannya setelah lulus nanti. Namun bagi beberapa universitas yang tidak mensyaratkan surat motivasi biasanya akan mengganti dengan surat rekomendasi dari pengajar atau profesor yang mengajar di sana.

  1. Visa pelajar

Ketika kamu sudah mendapatkan surat penerimaan maka sesegera mungkin untuk mengurus visa. Tanpa visa kamu tidak akan bisa masuk ke negara Jerman untuk belajar. Banyak persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengurus visa seperti paspor yang masih berlaku, surat penerimaan dan sertifikat bahasa Jerman.

Pihak kedutaan juga akan meminta bukti keuangan untuk mengetahui bagaimana kamu akan memenuhi kebutuhanmu selama tinggal disana. Bagi kamu yang mendapatkan beasiswa, maka cukup menunjukkan bukti penerimaan beasiswa saja.

Pengurusan visa ini tidak bisa berlangsung dengan cepat. Setidaknya kamu harus mengurus dua atau tiga bulan sebelum keberangkatan. Siapkan juga uang untuk pembuatan visa pelajar di Jerman. Baru setelah itu kamu bisa membeli tiket pesawat, jangan sampai visa belum selesai dibuat dan kamu membeli tiket pesawat untuk keberangkatan dalam waktu dekat. Sangat penting untuk memperkirakan waktu yang lebih lama sebelum semester baru dimulai.